Jumat, 27 April 2012

Alat Transportasi di Saribudolok (1)

Di Kelurahan Saribudolok, khususnya disekitar Kecamatan Silima Kuta ada beberapa peralatan pengangkut barang atau alat transportasi, antar lain :

  1. Parsorong
PARSORONG PE JOLMA DO (Kuli angkut juga Manusia)  Jika berkunjung ke Saribudolok dan tepat hari pekan atau hari rabu maka anda akan menemukan banyak pengangkutan barang parsorong tepat di jantung saribudolok untuk mengangkut barang-barang milik pedagang ( sayur mayur, baju, dll)
Di saribudolok dikenal dengan istilah Beko ( Gerobak sorong )



2.    Gareta Horbo ( Pedati )
 Menggunakan Ternak Kerbau

 Menggunakan Ternak Sapi

Pedati adalah alat trasportasi yang ada di Saribudolok. Alat transportasi darat ini menggunakan kerbau atau sapi sebagai penariknya. Pada umumnya digunakan untuk mengangkut beban berat, seperti bahan bangunan, hasil bumi dan sebagainya. Banyak keuntungan yang diperoleh oleh para petani dengan menggunakan alat transportasi ini . Keuntungan diperoleh dari tenaga yang digunakan mengankut hasil bumi ( Marakkat=istilah saribudolok) dan harga seekor kerbau lumayan mahal ( Sekitar 7 juta lebih per ekor). Jaman sekarang jumlah pedati sudah sangat berkurang dikarenakan semakin susah untuk mencari pakan untuk ternak dan masyarakat sudah beralih ke alat trasportasi lain.

3.  Beca Motor


Alat transportasi becak menggunakan motor RX-King ini mulai populer sekitar tahun 2003 ( Kalau tidak salah ). Alat transportasi ini biasa digunakan untuk mengakut hasil bumi, anak sekolah dan lain2. Alat transportasi ini dapat anda booking jika anda kemalaman sampai di Saribudolok. Harga boleh nego tergantung tujuan anda ( Haranggaol, Dusun, Naggaraja, Rakutbesi, Saranpadang dll ) 




1 komentar: